Jumat, 09 November 2012

Perhatikan 3 Hal Berikut Ini, BAB Lancar Setiap Hari!

Apakah Anda termasuk orang yang sulit BAB (Buang Air Besar)?

Jika "YA" maka sebaiknya Anda dianjurkan untuk memperhatikan 3 hal yang sangat membantu proses pencernaan makanan, yaitu:

1. Makanan Berserat
          Makanan berserat penting untuk dikonsumsi. Serat makanan akan membantu membentuk "bolus" yaitu bulatan-bulatan makanan yang dicerna di dalam saluran pencernaan Anda. Serat mengikat bahan-bahan makanan lain di dalam saluran cerna sehingga lebih mudah didorong ke bagian saluran di bawahnya saat proses pencernaan berlangsung.
          Jika sumber serat kurang, maka bisa Anda bayangkan bagaimana bolus makanan yang lain bergerak lambat karena bentuknya yang "mulus" tanpa serat. Makanan sumber serat ada banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan. 


Belimbing adalah contoh buah-buahan yang dapat digunakan untuk memperlancar pencernaan

2. Cukup Asupan Cairan
          Cairan sangat diperlukan dalam proses pencernaan. Cairan yang cukup akan membantu memperbesar ukuran/volume "bolus" dan membuat bolus lembek sehingga akan lebih mudah didorong oleh gerak peristaltik saluran cerna berikutnya menuju saluran pembuangan. 
          Kurang cairan sebaliknya akan membuat bolus kecil dan juga keras sehingga lebih sulit didorong menuju saluran pembuangan. Cairan yang dikonsumsi lebih dianjurkan adalah air putih.

3. Olahraga teratur (aktifitas tubuh yang cukup)
          Olahraga teratur bermanfaat bagi saluran pencernaan yaitu dapat memperlancar gerak peristaltik di sepanjang saliran pencernaan. Gerak peristaltik diperlukan untuk mengirim "bolus-bolus" makanan yang Anda makan ke dalam saluran pencernaan berikutnya mulai dari kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, hingga rektum yang menuju ke saluran pembuangan (anus).
          Jika Anda aktif berolahraga, maka akan semakin lancar gerak peristaltik dalam saluran pencernaan Anda, sehingga proses pembuangan feses juga makin lancar. Sebaliknya, jika Anda malas bergerak, maka peristaltik usus Anda juga melambat kerjanya sehingga menghambat proses pencernaan dan pembuangan sisa makanan Anda.
          Jika Anda tidak bisa melakukan olahraga rutin, maka pastikan Anda tidak "kurang gerak" dalam arti banyak duduk dan sedikit sekali aktifitas seperti hanya duduk saja seharian di depan televisi, atau terlalu lama duduk di depan komputer tanpa aktifitas lainnya.

Kondisi sulit BAB harus bisa segera diatasi, karena semakin lama Anda mengalami kesulitan BAB maka bisa berkembang menjadi penyakit wasir (ambeien), dan lebih parah lagi jika kotoran dalam usus besar bisa saja menyebabkan munculnya masalah kanker usus. 


Selamat pagi, semoga tulisan ini bermanfaat, dan selamat mensyukuri hari Jum'at Anda :)

2 komentar:

  1. saya BAB g tiap hari. bisa 3-4 hari sekali padahal gizi dan serat tercukupi, minum jg kyknya tercukupi, olahraga kadang rajin kadang enggak. tapi emang dari kecil (sejak muncul kesadaran terhadap diri sendiri) jadwal BABnya begitu (gak tiap hari). apa ini bisa jadi masalah d kemudian hari? selama ini blm ada keluhan ambeien dsb yg bersangkutan dengan sistem pencernaan kecuali maag klo terlambat makan

    BalasHapus
  2. sebelumnya, apakah Anda termasuk orang yang makannya sedikit atau banyak?

    BAB normal minimal 1x sehari adalah untuk org dewasa yang makan secara normal (dalam artian porsi dan waktu makan 3x sehari), saya punya rekan yang porsi makannya lebih banyak dibanding org normal (berperawakan gemuk) mempunyai kebiasaan BAB 2x/hari.

    olah raga kadang rajin kadang engga, maksudnya di sini adl jika bisa rutin maka akan lebih bagus, untuk keperluan BAB lancar, aktifitas tidak terbatas olah raga, jadi berjalan, menyapu, mencuci, dan lain-lain pekerjaan rumah tangga secara umum juga bs membantu pencernaan.. mohon dikonfirmasi jika ada yang kurang jelas. terima kasih :)

    BalasHapus