Kamis, 08 November 2012

5 Masalah Kesehatan yang Bukan Karena Kurang Olah Raga

"Sebagian orang percaya bahwa dengan melakukan olahraga rutin akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Namun, benarkah semua penyakit ada kaitannya dengan aktivitas tubuh/olah raga secara rutin?"
Berikut adalah hasil pengamatan secara sederhana yang saya lakukan tentang beberapa jenis penyakit atau keluhan kesehatan yang tidak berkaitan dengan aktivitas tubuh atau olahraga secara rutin:

1. Gangguan pada Mata
        Ada beberapa jenis gangguan yang menyerang mata antara lain rabun jauh, rabun dekat, conjuctivitis atau sering disebut "belek" dalam bahasa jawa, gangguan mata silinder, dan lain sebagainya. Perlu diingat penyakit-penyakit pada mata ini tidak berkaitan dengan olah raga. Seseorang yang sudah olah raga rutin pun bisa saja terkena gangguan pada mata seperti ini.
        Rabun pada mata manusia menyebabkannya harus dibantu dengan kaca mata ataupun soft lens untuk membantu agar mata tidak semakin rusak karena selalu digunakan untuk akomodasi.
     Tentu saja selain olahraga untuk menjaga mata dari rabun adalah dengan memberikan jatah waktu istirahat yang memadai bagi mata, terutama setelah lama digunakan di depan komputer atau HP (hand phone). Nah, yang sering online baik di depan layar komputer maupun HP harap berhati-hati terhadap kesehatan mata Anda. 
        Selain itu kebersihan mata dan tangan harus diperhatikan untuk mencegah terjadinya infeksi pada mata. Kontrol kesehatan mata baik dilakukan dalam jangka 6 bulan sekali. 



2. Sakit Gigi (Gigi berlubang/Karies Gigi)
          Masalah pada gigi tentunya juga sangat banyak jenisnya, fokus utamanya di sini adalah karies gigi atau gigi berlubang. Gigi berlubang ini disebabkan karena sisa makanan yang membusuk akibat dari aktivitas mikrobia di dalam mulut. Jelas sekali bahwa sakit gigi ini bukan disebabkan karena seseorang kurang olah raga tetapi lebih karena kurangnya kesadaran menjaga kebersihan gigi. 

3. Diare
    Diare juga merupakan penyakit yang disebabkan bukan karena pengaruh kurang olah raga. Diare disebabkan berbagai macam faktor utamanya adalah infeksi bakteri juga dari jenis makanan yang kita makan. Infeksi bakteri bisa diperoleh dari makanan yang kurang bersih dan masuk ke dalam tubuh, tangan yang tidak bersih saat memegang makanan, maupun dari peralatan makan yang kurang bersih.
      Diare sering pula terjadi karena kesalahan peilihan makanan mulai dari terlalu banyak makan makanan berlemak, terlalu banyak makan pedas, ataupun memakan buah-buahan yang mempunyai karakter rasa kecut pada saat kondisi perut sama sekali kosong (belum makan).
       Yap, jelas sekali Anda harus memperhatikan kebersihan makanan Anda, tangan Anda, peralatan makan Anda sekaligus memperhatikan jenis-jenis makanan yang Anda konsumsi.

4. Sariawan
      Sariawan yang ingin saya sampaikan ini tidak dipengaruhi kurangnya olah raga. Pada kondisi tertentu saat sistem imunitas menurun bisa saja orang lantas mengalami sariawan dan lemahnya imunitas berkaitan dengan kurangnya olah raga. Namun, ini adalah hubungan yang secara tidak langsung. 
      Sariawan merupakan salah satu tanda bahwa Anda kekurangan vitamin C (tentu saja bukan sariawan  karena terkena benturan sikat gigi atau tergigit gigi kita sendiri saat mengunyah makanan. Hehehe). Jadi, meskipun mungkin Anda tidak berolahraga secara rutin, tetapi asupan Vitamin C Anda cukup, maka insyaAlloh Anda akan jarang mengalami sariawan. So, perhatikan asupan Vitamin C Anda sehari-hari.
     Mungkin sebagian orang menganggap bukan maalah serius, tapi sariawan terbukti bisa mempengaruhi situasi emosional Anda selama beberapa hari, benar bukan? :-D

5. Penyakit Kulit
     Penyakit kulit sangat luas sekali jenisnya diantaranya bisul, eksim, kadas, kurap, kutu air, dll. Kebanyakan disebabkan karena mikrobia: infeksi jamur, virus ataupun karena alergi terhadap zat-zat kimia tertentu. Nah, tentunya penyakit ini lebih disebabkan karena kebersihan diri pribadi yang kurang dan tidak berkaitan dengan olah raga ataupun aktivitas tubuh. 

Sekali lagi ini adalah hasil pengamatan sederhana. Menurut Anda adakah penyakit lain yang tidak berhubungan dengan olah raga? :-D

Jadi yang ingin saya tekankan sekali lagi dari tulisan ini bahwa selain olah raga, ada berbagai hal lain yang perlu kita perhatikan agar tubuh senantiasa bisa sehat optimal. Salam sehat. Enjoy this night.

:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar