Senin, 12 November 2012

7 Hal yang Sering Lupa Kita Lakukan dalam Menjaga Kesehatan

12 November adalah Hari Kesehatan Nasional.
Nah, sudah sehatkah Anda hingga saat ini?

Ehm, sehat yang saya maksud tentunya sehat secara jasmani ya, jika menyangkut kesehatan rohani itu memerlukan dukungan tokoh spiritual Anda atau memerlukan pemeriksaan khusus dari dokter spesialis kejiwaan. Hehehe.

Baiklah, pada kesempatan kali ini, saya ingin menuliskan hasil pengamatan sederhana saya tentang hal-hal yang sering kita sepelekan, namun sebenarnya hal-hal sepele tersebut jika dilakukan dengan baik akan memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan Anda.

Yuk, mari kita intip apa saja hal-hal tersebut:
1. Melihat televisi dalam jarak dekat (< 3 meter)
        Seringkali kita lupa untuk bahwa mata kita perlu untuk dijaga. Mata adalah nikmat yang luar biasa besar dari Sang Pencipta agar kita bisa menikmati lalu mensyukuri kebesaran-Nya. Jarak dekat saat menonton televisi memaksa mata untuk berakomodasi lebih keras dibanding kita melohat dari jarak yang cukup (minima 3 meter). Jika menonton televisi dalam jarak dekat dibiarkan terlalu lama, maka risiko terbesar adalah mata mengalami gangguan berupa hipermethropy (rabun dekat).


Perhatikan kesehatan mata, bagi Anda yang lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer :)


2. Terlalu lama berada di depan komputer tanpa mengistirahatkan mata
       Nah, ini bagi yang bekerja non-stop di depan komputer (misalnya programmer) penting untuk melakukan refreshing secara periodik untuk menjaga mata tetap sehat. Tak luput juga bagi penggemar game-online juga sebaiknya mulai menjaga kesehatan mata.

3. Tidak menggosok gigi sebelum tidur
          Menggosok gigi sebelum tidur penting untuk selalu dilakukan karena sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut (sela-sela gigi) bisa membusuk lalu menyebabkan gigi berlubang. Jika Anda terbiasa menggosok gigi sebelum tidur, kemungkinan untuk terkena karies gigi (gigi berlubang) semakin kecil. 

4. Tidak rutin memotong kuku
          Memotong kuku sebaiknya rutin Anda lakukan, misalnya 2 pekan sekali. Kuku yang panjang akan menyimpan lebih banyak kotoran di bawah kuku tersebut. Hal ini jelas tidak baik mengingat hampir semua aktifitas penting dalam hidup Anda melibatkan tangan. Bagaimana jika kuman dalam kuku tersebut ikuta masuk ke dalam mulut Anda saat makan? 

5. Tidak rutin memotong rambut (khususnya wanita)
          Kita bicara ilmiah ya, jadi ini tidak tabu. Jika seorang wanita sedang haid dan masih berambut panjang maka sebaiknya memotong rambutnya (baca: bukan rambut kepala) maka ada kemungkinan kotoran darah haid akan menempel dan bersarang di rambut tersebut. Jadi, silakan secara periodik memotong rambut tersebut. Mmmm, tahu kan ya maksud saya di sini? i hope so... :-D

6. Tidak mencuci tangan sebelum makan
         Kalau ini jelas sudah apa maksudnya ya, tangan jelas memegang peranan penting untuk memasukkan makanan ke dalam mulut kita, jadi harus bersih ya, dan ada baiknya juga mencuci tangan itu memakai sabun dan air mengalir.

7. Tidur dengan lampu menyala terang
          Tidur malam sebaiknya dengan mematikan lampu. Kondisi gelap akan membantu tubuh memproduksi hormon melatonin yang bermanfaat bagi tubuh, sebaliknya produksi hormon melatonin terhambat jika lampu dalam kondisi terang benderang saat Anda tidur. Correct me if i'm wrong :)

Demikian 7 hal yang sering kita lupa lakukan padahal cukup bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Semoga Anda sehat selalu dan semoga tulisan ini bermanfaat :)

2 komentar: