Rabu, 07 November 2012

8 Manfaat Tidur Miring ke Sebelah Kanan

Pernahkah Anda memperhatikan posisi tidur yang paling sering Anda gunakan?





Pilihlah posisi tidur dari beberapa jenis posisi tidur berikut ini: miring ke kanan, miring ke kiri, telentang, dan tengkurap.
Posisi tidur tengkurap adalah posisi yang paling buruk dan paling tidak dianjurkan untuk dilakukan. Kebalikannya, posisi miring ke kanan adalah posisi yang paling baik dan posisi tidur yang paling dianjurkan untuk dilakukan.
Kenapa posisi tidur miring ke kanan sangat dianjurkan? Hal ini karena posisi tidur miring ke kanan mempunyai banyak manfaat, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Otak Kiri
        Pada umumnya anggota gerak (tangan dan kaki) yang paling sering digunakan adalah bagian kanan yang dipersarafi oleh otak bagian kiri. Pada saat tidur, sirkulasi melambat atau bahkan diam yang bisa berbahaya bagi otak seperti pengendapan darah, lemak, asam sisa oksidasi, serta peningkatan kecepatan aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah. Apabila Anda berpotensi stroke, maka yang beresiko adalah otak kanan (jika Anda tidur miring ke kanan) sehingga anggota gerak kanan bisa lebih "diselamatkan" untuk tetap bisa menjalankan aktifitas pada umunya.

2. Mengistirahatkan Lambung
      Bagian lambung yang menuju ke usus menghadap ke kanan bawah. Apabila Anda tidur miring ke sebelah kanan, ini sangat menguntungkan karena akan membantu mempercepat pengosongan lambung. Pengosongan lambung berisi chymus (makanan yang sudah dicerna dan bercampur dengan asam lambung) yang lambat akan mengakibatkan peningkatan akumulasi asam lambung yang berefek negatif bagi lambung yakni erosi lambung. 

3. Mengurangi Kerja Jantung
        Letak jantung condong di bagian tubuh sebelah kiri. Saat tidur miring sebelah kanan maka jantung tidak tertimpa organ lain seperti jika Anda memilih tidur miring sebelah kiri, dan ini menambah beban kerja jantung.
   Selain itu, jika tidur miring sebelah kanan, maka cairan tubuh (darah) terdistribusi merata akan terkonsentrasi di sebelah kanan. Hal ini akan menyebabkan darah yang masuk dan keluar jantung lebih sedikit sehingga denyut jantung berkurang dan tekanan darah menurun yang menguntungkan Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik.
  
4. Meningkatkan Waktu Penyerapan Zat Gizi
        Pergerakan usus saat tidur cenderung meningkat, akan tetapi posisi usus halus yang menuju usus besar jika kita miring ke kanan adalah di bagian bawah sehingga makanan yg sudah dicerna lebih lama berada di usus halus sehingga bisa mengoptimalkan penyerapan zat gizi.

5. Merangsang Buang Air Besar
        Usus besar sigmoid berada di bawah usus besar jika Anda tidur miring sebelah kanan, sehingga sangat menguntungkan untuk pengisian usus besar sigmoid (dekat anus) yang merangsang Anda untuk buang air besar. 

6. Meningkatkan Pengosongan Kandung Empedu (Pankreas)
        Sebelumnya telah diketahui jika miring ke kanan akan mempercepat pengeluaran isi lambung berupa chyme. Pengeluaran chyme merangsang peningkatan pengeluaran cairan empedu. Lancarnya pengeluaran cairan empedu (yang membantu pencernaan) akan mencegah pembentukan penyakit batu kandung empedu.

7. Menjaga Paru-Paru
          Paru-paru kiri ukurannya lebih kecil dibandingkan paru-paru kanan. Jika tidur miring ke kanan, maka ini sangat tepat karena jantung akan cenderung "menimpa" paru-paru sebelah kanan yang lebih besar dibanding jika kita miring ke kiri karena jantung akan "menimpa" paru-paru kiri yang lebih kecil ukurannya.

8. Mengistirahatkan Kaki Kiri
     Pada umunya, peregrakan orang dilakukan dengan anggota tubuh bagian kanan, dan kompensasinya adalah menggunakan kaki kiri untuk keseimbangan sehingga kaki kiri pada umumnya lebih banyak beban dan lebih sering capek/pegal. Pada saat tidur miring ke kanan, maka kaki kiri bisa lebih rileks karena pengosongan vena kaki kiri lebih cepat/lancar sehingga bisa menghilangkan capek/pegal.


Demikian 8 manfaat tidur miring ke kanan, semoga Anda (dan saya :D) selalu bisa menjaga posisi tidur yang benar yaitu miring ke kanan ini.

Aamiinn... :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar