Rabu, 03 Oktober 2012

Tips-tips untuk Mencegah Penyakit Hipertensi (Darah Tinggi)


Pada kesempatan kali ini, saya ingin menulis tentang penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi). Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang sering muncul di negara berkembang (seperti contohnya Indonesia tentunya). Hipertensi yang tidak terkontrol mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit degenerative seperti gagal jantung, gagal ginjal, dan penyakit vascular lainnya. Penyakit hipertensi sering disebut dengan “silent killer” karena pada banyak orang seringkali tidak menunjukkan gejala selama puluhan tahun, lalu mendadak menyebabkan stroke dan serangan jantung.
Hipertensi secara umum diartikan ketika seseorang mempunyai tekanan darah sistolik 140 mmHg atau lebih tinggi dan tekanan darah diastolic 90 mmHg atau lebih. Adapun klasifikasi secara khusus, yaitu:
1.       Optimal                      : sistolik <120 mmHg dan diastolik <80 mmHg
2.       Normal                       : sistolik <130 mmHg dan diastolik <85 mmHg
3.       Normal-tinggi              : sistolik 130-139 mmHg atau diastolik 85-89 mmHg
4.       Hipertensi  
-          Stage 1                 : sistolik 140-159 mmHg atau diastolik 90-99 mmHg
-          Stage 2                 : sistolik 160-179 mmHg atau diastolik 100-109 mmHg
-          Stage 3                 : ≥180 mmHg atau ≥110 mmHg

Hipertensi dibagi menjadi 2 jenis :
1.       Hipertensi primer (essensial) yaitu hipertensi yang tidak bisa ditentukan penyebabnya dan,
2.       Hipertensi sekunder yaitu hipertensi yang disebabkan karena dampak dari penyakit lain.




Dari sekian banyak kasus hipertensi, 90-95% diantaranya adalah hipertensi primer, sedangkan 5% adalah hipertensi sekunder. Penyakit hipertensi yang menahun (kronis) bisa menimbulkan komplikasi karena mempengaruhi sistem sirkulasi (jantung), sistem serebrovaskular, dan sistem renal (ginjal). Nah, oleh karena efek negatif dari hipertensi ini maka perlu saya sampaikan mengenai tips-tips untuk mencegah hipertensi, yaitu:
  1. Menurunkan berat badan apabila berat badan Anda berlebihan (untuk mengetahui apakah berat badan Anda normal atau berlebih, bisa And abaca di artikel sebelum ini ya -ngiklan- :D)
  2. Jangan mengkonsumsi alcohol. Alkohol tu manfaatnya apa sih? Ngga ada kan, so jauh-jauh aja deh sama alkohol atau minuman keras ini karena selain bisa menyebabkan hipertensi, alkohol juga bisa menyebabkan penyakit hati yang lebih berbahaya.
  3. Melakukan olahraga aerobik selama 30-45 menit sehari. Minimal 2 kali dalam seminggu. Contohnya : senam aerobik, lari pagi, tenis meja, badminton, sepak bola, dll.
  4. Mengurangi asupan sodium (natrium) seperti garam dapur, bumbu penyedap, dll.
  5. Cukup asupan kalium yang banyak terdapat dalam sayuran dan buah.
  6. Cukup asupan kalsium dan magnesium
  7. Berhenti merokok.
  8. Mengurangi asupan lemak jenuh dan kolesterol. Contohnya: ati ampela, otak, usus, santan, kulit, dll (jenis-jenis makanan sumber kolesterol akan saya tulis dalam artikel lain secara lebih lengkap, insyaAlloh)

Demikian beberapa tips untuk mencegah hipertensi, sebarkan pada semua orang di sekitar Anda. Semoga bermanfaat.


Sumber: Debra A. Krummel, PhD, RD, LD dalam buku Krause’s Food, Nutrition, & Diet Therapy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar