Rabu, 10 Oktober 2012

Tentang Penyakit Kardiovaskuler (Jantung dan Pembuluh Darah)

Pada kesempatan siang hari yang cerah ini, saya ingin berbagi informasi mengenai hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh seorang peneliti di Frammingham, Massachusetts tentang masalah penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) serta faktor-faktor yang berkaitan dengan penyakit tersebut. Mmm, sebenarnya ide membagi informasi ini adalah untuk memojokkan para perokok sih ya, jujur saja saya sangat tidak respect kepada para perokok dan saya sangat mendukung semua bentuk gerakan anti-merokok. Hehehe. :D

Oke, to the point saja ya.....

Penelitian ini dilakukan selama lebih dari 35 tahun (cohort study) serta melibatkan jumlah sampel sebanyak 5.029 orang yang berusia 30 - 62 tahun. Adapun secara garis besar, hasil penelitian tersebut antara lain:

Tahun 1960 : Merokok diketahui dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung.

Tahun 1961 : Kadar kolesterol, tekanan darah, hasil pemeriksaan jantung dengan elektrokardiogram yang abnormal dapat meningkatkan risiko terserang penyakit jantung.





Tahun 1967 : Aktifitas fisik (olahraga) dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung dan obesitas (kegemukan) mempunyai dampak sebaliknya yaitu dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung.

Tahun 1970 : Tekanan darah tinggi (hipertensi) meningkatkan resiko terserang stroke.

Tahun 1976 : Menopause meningkatkan resiko terserang penyakit jantung.

Tahun 1978 : Faktor-faktor psikososial berpengaruh terhadap penyakit jantung.


Tahun 1988 : Kadar HDL kolesterol itu adalah hal yang baik karena dapat menurunkan resiko kematian dalam kasus penyakit-penyakit pembuluh darah.


Tahun 1994 :  Pembesaran *ventrikel jantung, baik salah satu atau kedua-duanya diketahui dapat meningkatkan terjadinya penyakit stroke.

Tahun 1996 : Tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa berkembang menjadi penyakit gagal jantung.

Keterangan:
*Ventrikel : bagian bawah jantung (terdapat 2 ruang ventrikel di jantung, yaitu ventrikel kanan dan kiri). Ventrikel kanan bertanggungjawab memompa darah ke paru-paru untuk dibersihkan. Ventrikel kiri bertanggungjawab untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Naaahh,,, wahai para perokok, silahkan agendakan untuk berhenti merokok sesegera mungkin ya, karena merokok itu sudah membuang-buang uang, tidak bermanfaat dan malah meningkatkan faktor resiko terkena penyakit jantung. :D


Sumber : Wilson PF dkk: Impact of National Guidelines for Cholesterol Risk Factor Lowering: The Frammingham Offspring Study.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar