Rabu, 24 Oktober 2012

Jelang Qurban, Perhatikan Asupan Daging Kambing Anda!

Selamat pagi pembaca, insyaAlloh 2 hari lagi adalah hari Raya Idul Adha bagi umat muslim seluruh dunia.

Kesempatan pada hari ini, saya hanya ingin mengingatkan pada Anda semua, khususnya bagi penderita penyakit:

  • Hipertensi/darah tinggi
  • Jantung
  • Diabetes
  • Hipercholesterol
  • Hipertrigliserid
  • Asam urat

Untuk memperhatikan asupan makanannya selama Qurban, terutama daging kambing. Daging kambing yg berlebihan bisa menaikkan tekanan darah Anda dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Daging sapi boleh saja dikonsumsi tapi jangan pilih yang diolah dengan santan kental ya, seperti gulai, tongseng, rendang dan masakan bersantan lainnya. Setuju?


                                       
                 si embek yang siap menjadi hewan qurban, perhatikan jumlah asupan Anda ;)


Daging sapi selain dimasak dengan santan bisa diolah untuk oseng-oseng (tumis), soup daging sapi, ataupun sayur asem-asem. Jelas sekali sayuran ini meminimalkan asupan lemak jenuh dari santan. Selain itu, Anda mendapatkan zat gizi dari sayuran. Sepanjang pengetahuan saya, seringkali di hari Qurban kita kesulitan mendapatkan sajian berupa sayuran. ;)

Oiya, siapkan buah-nuahan juga kalau perlu untuk menyeimbangkan tekanan darah ya. Ada baiknya membatasi asupan si Kambing juga dilakukan oleh semua orang di atas usia 25 tahun. Ini adalah usia-usia yang sudah mulai harus mendapatkan perhatian masalah kesehatan untuk pencegahan. ;)

Hehe, mungkin ada yang bilang ya, "belum juga makan, udah dilarang-larang" :p

ya, itulah tugasnya Ahli Gizi seperti saya, memberi peringatan soal makanan, hehe.. Tapi itu untuk kebaikan Anda sendiri lho.. Soalnya berdasarakan pengalaman saya kerja di rumah sakit selama 2,5 tahun ini biasanya setelah Idul Adha pasien meningkat dan setelah ditanya kerap jawabannya karena berlebihan saat mengkonsumsi daging qurban.

Semoga bermanfaat, semoga sehat selalu.. :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar