Sabtu, 13 Oktober 2012

4 Efek Negatif Minum Alkohol (Minuman Keras)


Selamat pagi pembaca..  :)

Baru-baru ini terdengar berita tentang seorang model yang mengalami kecelakaan akibat mengendarai mobil dalam keadaan mabuk. *trus apa hubungannya sama blog kesehatan? =)) cekidot..

Baiklah, mungkin ini bukanlah kejadian yang jarang kita temui, waktu-waktu sebelumnya kejadian serupa telah banyak terjadi dan tidak jarang pula gara-gara mabuk banyak nyawa melayang sia-sia di usia yang masih belia. Inilah Indonesia kita tercinta. *miris*

Suatu pertanyaan yang paling menggoda saya adalah, “apa sih manfaat dari minum-minuman keras atau mabuk-mabukan itu?”. Baiklah ini memang pertanyaan yang kontroversial karena memang sangat berkaitan dengan keyakinan dan cara pandang.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya ingin memberikan pandangan dari sudut kesehatan tubuh sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi alkohol DENGAN ALASAN APAPUN! :)

Berikut rangkuman tentang efek negatif konsumsi alkohol:
  • Pertama, sebuah penelitian telah menyebutkan bahwa alkohol berperan dalam proses karsinogenesis (pembentukan sel-sel kanker) terutama kanker mulut, kanker esophagus (kerongkongan), kanker paru, kanker usus (kolon), kanker rectum, kanker hati, dan kanker payudara (Food, Nutrition, and Prevention of Cancer, 1997;U.S.DHHS,2000).


  • Kedua, alkohol dalam saluran pencernaan menimbukan iritasi pada mukosa perut. Inilah kenapa para peminum alkohol mempunyai gangguan saluran pencernaan mulai dari yang ringan hingga yang berat.
  • Ketiga, apabila mengkonsumsi alkohol dan dicampur dengan obat-obatan seperti diazepam (valium) atau phenobarbital akan menimbulkan kehilangan kemampuan koordinasi (ya gampangnya ngga bisa mikir secara jernih dan fokus lah ya, dan karena inilah biasanya orang yang mabuk/setengah mabuk tidak bisa berfikir panjang sehingga lebih berani melakukan berbagai aksi seperti pembunuhan, pemerkosaan, perampokan, dll) serta dapat menyebabkan tertekannya sistem saraf pusat (otak).
  • Keempat, konsumsi alkohol ternyata juga berpengaruh terhadap tulang. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa alkohol menimbulkan kehilangan massa tulang. Kehilangan massa tulang seperti yang kita ketahui bisa menyebabkan osteoporosis, sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah.


Itulah beberapa efek negatif dari konsumsi alkohol. Coba dipikirkan kembali mengapa sebagian orang memilih untuk merusak tubuh mereka sendiri. :D

Semoga bermanfaat.. Silakan disebarkan jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat. :)


Sumber: Krause's Food, Nutrition, & Diet Therapy oleh L. Kathleen Mahan dan Sylvia Escott-Stump.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar