Rabu, 12 September 2012

Suplementasi Zink Dan Kasus Diare

Saat ini saya ingin menulis tentang zink (seng). Jangan salah ya, seng ini bukan seng yang biasa dipakai buat atap-atap rumah lho ya, hehehe... Di sini yang dimaksudkan seng adalah zink yang merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Zat gizi zink ini sering kali “disepelekan” karena hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit dan pada umumnya sudah terpenuhi dari makanan kita sehari-hari. Jika dibiarkan terlalu lama (misalnya karena penyakit-penyakit yang menyebabkan pengeluaran zink dari dalam tubuh) dan tidak dikontrol dari penyediaan makanan yang mengandung zink, kekurangan zink akan menimbulkan gangguan imunitas, gangguan pertumbuhan dan anoreksia. Zink mempunyai peran yang sangat penting dalam metabolisme tubuh dan sangat dibutuhkan pada berbagai fungsi enzim.


Kaitannya dengan sistem imunitas, zink ini sangat dikenal mempunyai hubungan dengan kasus diare yang sering terjadi pada anak (balita). Diare dapat mengakibatkan pengeluaran zink dari dalam tubuh yang selanjutnya akan mempengaruhi sistem imunitas tubuh. Di sisi lain, penurunan imunitas tubuh akan mengakibatkan diare semakin berkepanjangan. Hal inilah yang menyebabkan perlunya penanganan yang serius pada kasus diare pada anak (balita) karena jika tidak segera diatasi akan terjadi “lingkaran penyakit” yang jika semakin lama tidak diatasi akan berakibat kurang baik.

Pada sebuah penelitian di sebuah Rumah Sakit di daerah Kalimantan Barat, menunjukkan bahwa pemberian suplementasi zink mampu menurunkan frekuaensi buang air besar (BAB) cair/diare pada anak balita (usia 6-36 bulan). Pemberian suplementasi zink ini juga pada akhirnya akan memperpendek masa rawat inap dari pasien itu sendiri.

Nah, sudah tau kan manfaat dari zink, khususnya suplementasi zink bagi penderita diare? Jadi, jika anak Anda atau saudara Anda ada yang terkena kasus diare, jangan segan-segan untuk bertanya kepada dokternya untuk pemberian suplementasi zink ya.

Sumber: Jurnal Gizi Klinik Indonesia (penyusun Jurianto Gambir,Madarina Julia, M. Jufrie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar