Rabu, 19 September 2012

“Berserah Diri” kepada Alloh SWT sebagai Obat yang Mujarab untuk Kesembuhan Penyakit

Seringkali, saya temui pasien yang sangat tertekan dengan penyakitnya, stress yang berlebihan yang pada akhirnya hanya akan memperparah kondisi penyakitnya.

Hal ini sesuai dengan informasi dari teman sejawat saya bahwa dia mempunyai 2 orang rekan yang sama-sama divonis mengidap penyakit Hepatitis, akan tetapi salah seorang diantaranya terlampau sangat tertekan dan stress sehingga justru bukan kesembuhan yang didapat akan tetapi malah penyakitnya menjadi bertambah parah dan semakin sering menjalani opname di rumah sakit.

Sebaliknya, salah seorang lainnya mau menerima keadaan penyakitnya, lalu bersabar dan terus berusaha melawan penyakitnya. Apa yang diperoleh? Orang yang mau bersabar dan terus berusaha ini pada akhirnya lebih cepat sembuh dibanding dengan orang yang stress berlebihan terhadap penyakitnya.

Baiklah, yang ingin saya sampaikan di sini adalah pernyataan dari seorang pembicara pada seminar nasional yang menuturkan tentang obat yang paling mujarab bagi penderita Diabetes Mellitus (gula darah). Sebelumnya saya berfikir pasti beliau akan menuturkan hal-hal ilmiah sesuai dengan bidang ilmu kesehatan mulai dari minum obat secara rutin, olah raga, dan mengatur makanan (diet) yang tepat sesuai anjuran dokter atau ahli gizi.

Jauh di luar itu, justru pembicara ini menyebutkan tentang “sisi lain” dari sebuah penyembuhan yakni masalah spiritual dan psikologi. Beliau menyebutkan bahwa “obat yang paling mujarab adalah menghindari stress, bersabar dan berserah diri kepada Dia yang menguasai segalanya”.



Mmm, benar-benar di luar dugaan saya sebelumnya, dan hal ini benar-benar akan saya simpan dalam ingatan saya, insyaAlloh. Kenapa? Karena apa yang beliau sampaikan itu benar seperti pengalaman yang saya temui pada beberapa pasien yang saya jumpai di tempat kerja saya, dan sebelumnya adalah pasien saya ketika saya masih kuliah. Bahwa yang masih tetap tersenyum dan optimis terhadap kesembuhan penyakitnya ternyata memang memiliki kualitas hidup yang lebih baik dibadingkan dengan yang sakit lalu sering mengeluh dan menangis meratapi penyakitnya.

Demikian semoga tulisan singkat ini bisa memberikan inspirasi bagi Anda, bahwa penyakit itu tidak melulu bisa disembuhkan dengan obat saja akan tetapi harus diiringi dengan semangat untuk sembuh dan tetap menyerahkan segala urusan kepada Dia yang memberi sehat dan sakit :)

Berikan dukungan Anda bagi orang-orang terdekat Anda, yang membutuhkan dukungan spiritual dan psikologis dari Anda. Semangat!! ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar