Senin, 17 September 2012

Makanan yang Menjadi Racun bagi Ginjal

     Pada bulan November tahun lalu, saya sangat beruntung karena berkesempatan untuk menghadiri Simposium Gizi yang diadakan di Yogyakarta yang bertema tentang Penyakit Ginjal Kronik. Penyakit ginjal kronik adalah istilah lain yang sering dikenal masyarakat dengan penyakit gagal ginjal yang sudah menahun. Penyakit ini bisa dikatakan penyakit yang serius karena pada stadium akhir, penderita penyakit ini harus melakukan cuci darah seumur hidupnya.

Ada berbagai macam penyebab timbulnya penyakit gagal ginjal ini, yaitu :
  1. Hipertensi (tekanan darah tinggi) yaitu tekanan darah >120/80 mmHg
  2. Diabetes Mellitus (penyakit gula darah)
  3. Penggunaan obat-obatan secara bebas tanpa resep dokter
  4. Konsumsi makanan dan minuman yang “salah”
  5. Dan penyakit-penyakit tertentu lainnya.
    Ada beberapa hal yang selama ini kita “sepelekan” mengenai kesehatan ginjal ini terutama soal makanan dan minuman yang menjadi “racun” bagi ginjal. Hal ini dikarenakan kurangnya pendidikan gizi pada masyarakat pada masalah penyakit ginjal ini.

     Pada simposium yang saya ikuti ini, disebutkan 2 jenis makanan dan minuman yang merupaka racun bagi ginjal yaitu :

1. Jengkol dan Pete

         Nah loo.. enak banget kan kalau makan semur jengkol ini. Atau makan lalapan pete? Tapi perlu diingat ya, asam yang ada di dalam jengkol dan pete ini ternyata bisa meracuni ginjal. Mmm, bisa dibayangkan kan baunya air seni setelah konsumsi makanan ini?
       Gini deh, air seni kan lewat ginjal proses pembuangannya, dan seperti yang kita ketahui zat-zat yang ngga berguna bagi tubuh tu pasti akan dikeluarkan oleh tubuh, gampangnya kalau zat yang baunya “sedap” karena makan jengkol itu dibuang oleh tubuh kita berarti dia ngga berguna di dalam tubuh kita, bukan? Dan ginjal lah yang harus kerja berat untuk mengolahnya agar bisa dibuang lewat air seni.



2. Minuman “berenergi”
   
     Paham kan yang dimaksud minuman berenergi di sini? Mmm, ngga perlu saya sebutkan merk-nya ya, takut dituntut, hehe.. yang jelas yang dimaksud minuman berenergi ini adalah minuman instan yang warnanya mencolok mata dan mempunyai khasiat meningkatkan tenaga kita biar ngga capek (tubuh kan punya hak buat istirahat ya? Masak sih harus dipaksa terus buat bekerja keras dengan minuman yang berbahaya bagi tubuh?)
      Yup, minuman berenergi ini berbahaya bagi tubuh karena kandungan zat “taurin” yang jauh di luar batas aman untuk dikonsumsi. Silahkan Anda cek kandungan “TAURIN” pada minuman yang Anda pilih untuk Anda konsumsi.
       Sejauh pengalaman saya bekerja di rumah sakit, sudah banyak buktinya, bahwa penyakit gagal ginjal disebabkan karena mengkonsumsi minuman berenergi dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu lama.


Oke, para pembaca yang budiman, semoga tulisan ini bermanfaat dan silahkan disebarkan ke semua orang agar orang lain mendapatkan manfaat juga :)



Sumber : Simposium Gizi pada Penyakit Ginjal Kronik, tahun 2011 di RSUP dr. Sardjito, Yogyakarta

3 komentar: