Sabtu, 15 September 2012

Khasiat Air Kelapa Muda

Air kelapa sangat digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan segar apalagi jika dicampur dengan daging kelapa mudanya. Hmmmm, slllrrruuppp... sangat lezaatt...

Di balik rasanya yang segar, air kelapa ternyata dikenal mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Air kelapa mengandung Cytokinin yang dipercaya sebagai bahan anti penuaan dan anti kanker, sumber elektrolit alami yang steril dan mengandung kadar kalium (potassium) dan klorin yang tinggi. Selain itu, air kelapa juga dikenal mengandung protein, sedikit lemak, mineral, karbohidrat dan berbagai vitamin yaitu vitamin C dan B komplek.






Dalam majalah Hadila edisi 58, bulan April 2012 disebutkan beberapa manfaat dari air kelapa muda, yaitu :

  1. Air kelapa muda adalah minuman yang efektif untuk mendinginkan tubuh secara alami sekaligus membantu mengatur keseimbangan suhu tubuh.
  2. Ion yang hilang dari dalam tubuh karena aktifitas, ion-ion yang hilang bisa tergantikan dengan air kelapa muda.
  3. Air kelapa muda juga mengandung kalsium, magnesium, dan kalium/potassium yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Pada penderita darah tinggi, air kelapa muda juga efektif untuk menurunkan kolesterol.
  4. Bagi penderita gangguan saluran pencernaan, air kelapa muda mampu menyembuhkan karena mempunyai sifat antivirus dan antibakteri yang bisa mencegah perkembangan bakteri dalam tubuh.
  5. Jika Anda mengalami cacingan, Anda bisa menggunakan air kelapa muda yang dicampur dengan sari jeruk sitrun
  6. Air kelapa dapat menyembuhkan/melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerut-kerut wajah yang datang lebih dini, kulit mengering dan wajah lebih berseri. Penggunaannya dengan membasuhkan pada muka setiap hari.
  7. Air kelapa muda dicampur dengan bubuk kunyit dan air kapur sirih dengan ukuran/perbandingan yang sama dapat digunakan sebagai obat luka bakar serta menghilangkan rasa panas pada telapak kaki dan tangan.
  8. Air kelapa berkhasiat sebagai obat luka, gatal-gatal, telapak kaki pecah, dan eksim.
  9. Demikian sekilas manfaat air kelapa muda, pastikan Anda benar memilih air dari kelapa yang muda agar lebih terasa khasiatnya. Selamat mencoba.

Sumber : majalah Hadila edisi 58, bulan April 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar