Kamis, 06 Desember 2012

Tahapan Konseling Gizi oleh Petugas Gizi di Rumah Sakit

Selamat pagi pembaca..

Apa kabar Anda pagi ini? semoga sehat selalu yaaa... Saya senang sekali karena hari di tempat saya tinggal sangat cerah cuacanya. Semoga hari mood saya juga ikut cerah sepanjang hari ini :D aamiin..

Pagi ini saya pengen curcol saja tentang pekerjaan saya sehari-hari sebagai seorang petugas gizi di sebuah rumah sakit pemerintahan di Kabupaten Wonogiri. Hehehe. Supaya lebih banyak orang yang tahu bagaimana pentingnya pemberian informasi yang "mendekati" benar tentang pengaturan makan bagi pasien yang memang membutuhkan diet tertentu sesuai dengan penyakitnya. 


Sebelum memberikan konseling gizi langkah sebelumnya adalah menilai status gizi pasien :)



Pernah dengar, kan? Istilah "you are what you eat

Yap, benar sekali jika makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Atau jika Anda mengikuti serial drama Korea yang judulnya "Jewel in the Palace"  Anda akan sedikit tahu tentang makanan dan pengaruhnya bagi kesehatan manusia yang memakannya. Tahu kan serial drama Korea tersebut? Itu lhoooo, yang pemeran utamanya namanya Jang-Geum trus ibunya meninggal saat dia masih kecil, trus bisa masuk jadi dayang istana ketemu sama sahabat ibunya yang namanya Dayang Han.. *lhoohh, kok jadi malah cerita drama Korea :D

Mari kembali ke laptop.. *eh.. ke tema.. :D

Sebagai petugas gizi, salah satu tugas saya adalah memberikan konsultasi/konseling gizi kepada pasien-pasien di rumah sakit baik yang sedang dirawat inap (opname) ataupun yang dirawat jalan (poli). Kebanyakan pasien yang saya temui di tempat saya bekerja ini adalah pasien dengan penyakit Diabetes mellitus atau lebih familiar dengan sakit gula, penyakit hipertensi/tekanan darah, penyakit asam urat, stroke, jantung, gagal  ginjal, hematemsis melena/BAB berdarah, diare, tipus, dan lain-lain.

Oiya, kaitannya dengan pemberian konseling gizi, Anda bisa mendapatkan konseling gizi gizi gratis (hehehe) dengan membaca artikel cara mencegah kolesterol tinggi (klik di sini) dan makanan yang menjadi racun ginjal (klik di sini). 

Oke, mari kita lanjutkan dengan istilah-istilah yang berkaitan dengan konseling gizi..

Konseling adalah suatu proses komunikasi 2 arah antara konselor dan klien (pasien) untuk membantu pasien mengenali dan mengatasi masalah gizi (Latief, 2001).

Konselor adalah tenaga kesehatan yang mempunyai latar belakang pendidikan gizi atau pendidikan kesehatan lainnya dan klien adalah sasaran dari proses konseling (Latief, 2001).

Adapun tujuan konseling yaitu agar pasien mampu mengatur makanan-makanan yang akan dikonsumsinya sehari-hari di rumah ketika sudah pulang dari rumah sakit.

Pendekatan dalam konseling gizi menurut Eaton (2005) mencakup 5 tahapan, yaitu:

1. Persiapan
   Tahap ini, menjelaskan tentang pentingnya melakukan manajemen diet. Konselor dalam tahap ini menanyakan tentang kebiasaan makan pasien dan penjelasan akan adanya upaya perbaikan jika ada kekurangan dalam menjalankan diet sebelumnya. Sebelum memasuki tahap ini konselor sebaiknya melihat riwayat penyakit pasien, melihat status gizi pasien, melihat hasil pemeriksaan laboratorium, dll.

2. Pengkajian.
     Pada tahap ini konselor mengkaji diet yang sudah pernah atau sedang dijalani oleh pasien.

3. Anjuran/Saran
   Konselor mulai memberikan  saran-saran tentang diet yang sebaiknya dilakukan berdasarkan risiko kesehatan pasien.

4. Kerjasama/negosiasi.
   Konselor menegosiasikan denga pasien tentang rencana diet, menyampaikan kemungkinan kendala-kendala untuk melaksanakan diet.

5. Tindak lanjut.
    Tahap terakhir ini adalah tahap pemantauan (monitoring). Proses ini jika memungkinkan bisa dilakukan dengan telepon, jika tidak maka bisa saja dilakukan saat pasien dirawat inap (opname) kembali. Hehehe, ya sebenarnya sih didoakan supaya ngga opname lagi tapi biasanya pasien-pasien tertentu sering bolak-balik kembali di opname di rumah sakit. :D

Nahhh, itulah tahapan-tahapan konseling gizi yang biasa saya lakukan di rumah sakit. Semoga bisa menambah wawasan Anda, sebetulnya yang saya sampaikan di atas adalah potongan dari tahapan konseling dari penelitian dalam skripsi saya dahulu. Hehe. Sekali lagi, semoga bermanfaat and have a nice day ;)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar