Rabu, 14 November 2012

9 Faktor Agar Anda Sehat Optimal

Siapa sih, yang tidak ingin hidupnya nyaman, sejahtera lahir dan batin? Pasti semua ingin hidup seperti itu  bukan?

Itu belum seberapa, manusia pada umumnya (selain hidup nyaman, sejahtera lahir dan dan batin) pasti juga ingin mempunyai usia yang panjang (coba Anda ingat apa do'a yang biasa diucapkan seseorang saat berulang tahun, pasti terselip kata "semoga panjang umur"), hehehe..

Tidak puas dengan itu, sebagian besar manusia akan selalu berusaha agar dirinya menjadi "awet muda". Nah, manusia itu ternyata banyak maunya ya.. :-D

Untuk mencapai keinginan tersebut, manusia harus melakukan beberapa upaya terkait masalah kesehatan. Berikut ini akan saya sampaikan apa yang ada di dalam buku Krause's Food, Nutrition, & Diet Therapy tentang 9 hal yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan kualitas hidup yang optimal seperti yang Anda harapkan, yaitu:

1. Penyakit
  • Beberapa penyakit akan menyebabkan Anda mengalami perubahan pola makan, terkadang menyebabkan Anda sulit untuk makan karena penyakit Anda tersebut.
  • Anda harus tahu bahwa 4 dari 5 orang dewasa mengalami penyakit yang disebabkan karena makanan. Maka perhatikan apa yang Anda makan bahkan sebelum Anda jatuh sakit.
  • Rasa sedih atau depresi yang terjadi pada 1 dari 8 orang dewasa bisa mempengaruhi nafsu makan, sistem pencernaan. Sangat jelas di sini bahwa Anda harus selalu berupaya untuk "bahagia" dan tidak mudah stress agar terhindar dari masalah kesehatan yang disebabkan karena perubahan pola makan.

Foto di atas adalah foto saat melakukan rekreasi ke Taman Wisata Ciater, Bandung. Foto tersebut tidak berhubungan secara langsung dengan tulisan ini, tetapi ingin menyampaikan bahwa Anda sebaiknya melakukan rekreasi secara periodik untuk "refresh" jiwa dan raga Anda :-D


2. Kebiasaan makan dan minum yang buruk
  • Makan terlalu banyak dan makan terlalu sedikit, keduanya sama-sama tidak menguntungkan bagi kesehatan Anda.
  • Memakan 1 jenis makanan setiap hari (tanpa variasi) dan tidak memakan buah, sayur dan produk susu juga dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi Anda. 
  • Perlu Anda tahu bahwa 1 dari 4 orang dewasa minum alkohol terlalu banyak padahal minum terlalu banyak bisa memperburuk kondisi kesehatan Anda. 

3. Sakit rongga mulut
  •      Kesehatan gigi dan mulut penting untuk proses makan. Jika Anda mempunyai masalah pada gigi dan mulut sebaiknya segera diatasi sebelum mengganggu pola makan Anda yang berujung pada munculnya sakit yang lain.

4. Masalah ekonomi
  • Pertama, bisa jadi kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan makanan yang bergizi yang mendukung kesehatan Anda.
  • Kedua, kekurangan biaya pengobatan ke rumah sakit jika Anda jatuh sakit. Survey di Amerika diketahui bahwa orang lanjut usia yang kesulitan masalah ekonomi mengalami kesulitan pula untuk memenuhi kebutuhan makanan bergizi.

5. Rendahnya hubungan sosial
  •  Anda harus tahu bahwa 1/3 dari orang lanjut usia hidup sendirian. Padahal, hidup bersama-sama (berkumpul dengan sesama) mampu memberikan efek positif untuk meningkakan kenyamanan diri serta meningkatkan nafsu makan.

6. Terlalu banyak pengobatan
  • Semakin banyak obat yang Anda minum, semakin tinggi pula efek negatif yang bisa ditimbulkan seperti menurunnya nafsu makan, perubahan rasa makanan, konstipasi (sembelit), lemah, mengantuk, mual, dn lain-lain.
  • pemberian suplemen vitamin dan mineral dosis tinggi dapat berefek negatif pula bagi kesehatan. Jadi, silakan konsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan tentang semua yang Anda konsumsi.

7. Berat badan naik/turun secara signifikan dalam waktu cepat
  • Tanpa mengurangi porsi makan lalu Anda kehilangan berat badan yang signifakan ataupun tanpa menambah porsi makan lalu berat badan Anda naik dengan cepat merupakan tanda bahwa Anda perlu melalukan pemeriksaan ke instansi kesehatan. 

8. Memerlukan bantuan orang lain
  • Semakin bertambah usia, sebagian orang masih bisa makan sendiri, akan tetapi bisa jadi mempunyai masalah untuk bergerak sehingga memerlukan bantuan orang lain.

9. Usia di atas 80 tahun
  • Jika Anda mendapati usia Anda mencapai lebih dari 80 tahun, maka Anda harus rutin melakukan kontrol kesehatan Anda.
Semoga bermanfaat bagi Anda, selamat beraktifitas. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar